Tak ada yang bisa dibanggakan dari seorang penjiplak. Mengakui karya orang lain sebagai karyamu hanya meremehkan dirimu sendiri.

Mengatasi “Secure Connection Failed” Atau Sambungan Aman Gagal Pada Mozilla Firefox



 Jika Firefox tidak dapat mengakses situs yang aman (yang dimulai dengan https:) Anda akan melihat halaman kesalahan dengan Koneksi, Secure Connection Failed, dan pesan tentang kesalahan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa pesan kesalahan.
1. Protokol SSL Telah Dinonaktifkan
Secure Socket Layer (SSL) memungkinkan Anda secara aman mengakses website. Website yang menggunakan SSL akan memiliki “https (HyperText Transport Protocol Secure)” pada awal alamat mereka. Situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, perbankan dan toko online menggunakan SSL. Jadi, jika ada kesalahan, Anda tidak bisa membuka situs-situs tersebut.
Artikel ini akan menjelaskan cara mengaktifkan SSL di Firefox jika Anda mendapatkan pesan ini:
An error occurred during a connection to (site name). Can’t connect securely because the SSL protocol has been disabled. (Error code: ssl_error_ssl_disabled)‘.
Tejemahan: Terjadi kesalahan saat koneksi ke (nama situs). Tidak dapat tersambung dengan aman karena protokol SSL telah dinonaktifkan. (Error code: ssl_error_ssl_disabled).
Di bagian atas jendela Firefox, klik pada tombol Tools dan kemudian klik Opsi.
1.   Pilih panel Advanced (Lanjutan).
2.   Klik tab Enkripsi.
3.   Tandai dengan centang Gunakan SSL 3.0 dan Gunakan TLS 1.0.
4.   Klik OK untuk menutup jendela Pengaturan.
Cobalah untuk mengakses situs aman lagi. Jika masih tetap tidak berfungsi, lanjutkan di bagian berikutnya.
2. Situs Ini Menggunakan Versi Yang Lebih Tua Tidak Aman Dari Protokol SSL
Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
An error occurred during a connection to (site name). Can’t connect securely because the site uses an older, insecure version of the SSL protocol. (Error code: ssl_error_ssl2_disabled)‘.
Terjemahan: Terjadi kesalahan saat koneksi ke (nama situs).Tidak dapat tersambung dengan aman karena situs menggunakan versi yang lebih tua tidak aman dari protokol SSL. (Error code: ssl_error_ssl2_disabled).
3. Sertifikat Peringatan
Firefox menggunakan sertifikat pada website yang aman untuk memastikan bahwa informasi Anda sedang dikirim kepada penerima yang dimaksud dan tidak dapat dibaca oleh penyadap.
  • Sertifikat Tidak Akan Berlaku Sampai (Tanggal)
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (site name) uses an invalid security certificate. The certificate is not trusted because the issuer certificate has expired. The certificate will not be valid until (date). (Error code: sec_error_expired_issuer_certificate)‘.
    Terjemahan:
     (Nama situs) menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid. Sertifikat tidak dipercaya karena sertifikat penerbit telah kedaluwarsa. Sertifikat tidak akan berlaku sampai (tanggal).(Error code: sec_error_expired_issuer_certificate).
    Kesalahan ini pernah saya alami dan perlu 3 hari untuk menanganinya (newbe). Dan ternyata hanya disebabkan oleh masalah sepele, yaitu pengaturan tanggal dan waktu di komputer yang salah, sehingga tanggal yang diberikan dalam pesan kesalahan akan berada di masa lalu. Untuk mengatasi masalah, mengatur jam sistem anda untuk tanggal hari ini dan waktu (klik dua kali ikon jam pada Taskbar Windows).
  • Sertifikat Berakhir Pada (Tanggal)
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (site name) uses an invalid security certificate. The certificate expired on (date). (Error code: sec_error_expired_certificate)‘.
    Terjemahan: (Nama situs) menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid. Sertifikat berakhir pada (tanggal). (Error code: sec_error_expired_certificate).
    Kesalahan ini terjadi bila sertifikasi identitas sebuah website telah berakhir.
    Error ini juga bisa terjadi jika jam komputer Anda memiliki tanggal yang salah. Untuk mengatasi masalah, mengatur jam sistem anda untuk tanggal hari ini dan waktu (klik dua kali ikon jam pada Taskbar Windows).
  • Sertifikat Hanya Berlaku Untuk (Nama Situs)
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (site name) uses an invalid security certificate. The certificate is only valid for (site name). (Error code: ssl_error_bad_cert_domain)‘.
    Terjemahan: (Nama situs) menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid. Sertifikat ini hanya berlaku untuk (nama situs).(Error code: ssl_error_bad_cert_domain).
    Kesalahan ini terjadi kepada Anda bahwa sertifikat yang dikirimkan kepada Anda oleh situs sebenarnya untuk situs lain. Sementara apa pun yang Anda kirim akan aman dari penyadap, penerima mungkin tidak Anda pikirkan.
    Situasi umum adalah ketika sertifikat tersebut sebenarnya untuk bagian yang berbeda dari situs yang sama. Sebagai contoh, Anda mungkin telah mengunjungi https://example Com. Tetapi sertifikat tersebut untuk
    www https://. Contoh . Com. Dalam hal ini, jika Anda mengakseswww https://. Contoh . Com langsung, Anda seharusnya tidak menerima peringatan itu.
  • Sertifikat Tidak Dipercaya Karena Ditandatangani Sendiri
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (site name) uses an invalid security certificate. The certificate is not trusted because it is self signed. (Error code: sec_error_untrusted_issuer)‘.
    Terjemahan: (Nama situs) menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid. Sertifikat tidak dipercaya karena ditandatangani sendiri. (Error code: sec_error_untrusted_issuer).
    Atau
    (site name) uses an invalid security certificate. The certificate is not trusted because it is self signed. (Error code: sec_error_ca_cert_invalid)‘.
    Terjemahan: (Nama situs)menggunakan sertifikat keamanan yang tidak valid. Sertifikat tidak dipercaya karena ditandatangani sendiri. (Error code: sec_error_ca_cert_invalid).
    Menandatangani sendiri sertifikat membuat data Anda aman dari penyadap, tapi tidak mengatakan apa pun tentang siapa penerima data. Hal ini biasa terjadi untuk situs intranet yang tidak tersedia untuk umum.
  • Sertifikat Berisi Nomor Seri Yang Sama Dengan Sertifikat Lain
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (Your certificate contains the same serial number as another certificate issued by the certificate authority. Please get a new certificate containing a unique serial number. (Error code: sec_error_reused_issuer_and_serial)‘.
    Terjemahan: Sertifikat Anda mengandung nomor seri yang sama dengan sertifikat lain yang dikeluarkan otoritas sertifikat. Mohon dibuat sertifikat baru yang memiliki nomor seri yang unik. (Error code: sec_error_reused_issuer_and_serial).
    Kesalahan ini memberitahu Anda untuk fakta bahwa sertifikat halaman yang Anda kunjungi menggunakan memiliki nomor seri identik dengan salah satu yang sudah menerima
     peringatan ini tidak dapat dilewati dengan menggunakan metode di bawah ini.. Untuk informasi lebih lanjut dan untuk petunjuk tentang cara bekerja sekitar pesan ini.
  • Server OCSP Tidak Memiliki Status Untuk Sertifikat
    Pesan kesalahan saat membuka situs tertentu:
    (An error occurred when the connection to (site name). OCSP server has no status for the certificate. (Error code: sec_error_ocsp_unknown_cert)‘.
    Ternemahan: Terjadi kesalahan saat koneksi ke (nama situs). Server OCSP tidak memiliki status untuk sertifikat. (Error code: sec_error_ocsp_unknown_cert).
Cara Melewati Peringatan
Anda dapat memberitahu Firefox untuk mem-bypass peringatan sertifikat ini. Anda hanya harus melewati peringatan jika Anda yakin bahwa situs tersebut sah. Situs publik yang sah tidak akan meminta Anda untuk melakukan hal ini. Sertifikat yang tidak sah dapat menjadi indikasi dari suatu halaman web yang akan menipu Anda atau mencuri identitas Anda.
1.   Pada halaman peringatan, klik ‘Or you can add an exception….’ Atau ‘Atau Anda dapat menambahkan pengecualian ….’
2.   Klik ‘Add Exception…’ atau ‘Tambahkan Pengecualian ….’ Dialog ‘Add Security Exception’ atan ‘Keamanan Tambahkan Pengecualian’ akan muncul.
3.   Klik ‘Get Certificate’ atau ‘Ambil Sertifikat’.
4.   Baca teks yang menjelaskan masalah pada situs ini.
5.   Klik ‘Confirm Security Exception’ atau ‘Konfirmasi Pengecualian Keamanan’ jika Anda ingin mempercayai situs tersebut.
Ref: Support Mozilla

0 komentar:

Poskan Komentar