Tak ada yang bisa dibanggakan dari seorang penjiplak. Mengakui karya orang lain sebagai karyamu hanya meremehkan dirimu sendiri.

Serba-serbi Berciuman, Menggunakan 34 Otot Sampai Bertukar Bakteri

Serba-serbi Berciuman, Menggunakan 34 Otot Sampai Bertukar Bakteri

Ciuman merupakan bentuk ungkapan cinta yang paling intim dan sensual setelah seks. Bahkan tingkat keintimannya bisa lebih intens ketimbang hubungan seksual karena umumnya melibatkan emosi dan ikatan psikis antara suami istri. Ciuman juga menjadi bentuk foreplay yang efektif bangkitkan gairah seks sebelum bercinta. Di balik itu, ada sejumlah fakta tentang ciuman yang menarik untuk diketahui dan mungkin bisa jadi bahan perbincangan seru ketika berduaan dengan pasangan Anda. Apa saja fakta uniknya?

1. Istilah Ilmiah
Ciuman sendiri memiliki istilah ilmiah, yaitu philematology. Definisinya adalah menyentuh atau membelai dengan menggunakan bibir sebagai ekspresi kasih sayang, ucapan salam, sikap menghargai atau jatuh cinta.

2. Hampir Semua Orang Pernah Berciuman
Berdasarkan para antropolog, 90 persen orang di dunia ini pernah berciuman. Tapi bukan berarti arti berciuman sama bagi setiap orang. Kebiasaan berciuman bisa diartikan berbeda tergantung budaya yang berkembang di tiap negara. Misalnya saja mencium pipi umumnya dianggap sebagai cara orang-orang Eropa maupun Amerika bertukar sapa dengan teman, baik dengan sesama maupun lawan jenis. Namun di budaya timur seperti Indonesia, pria yang mencium pipi wanita atau sebaliknya bisa diartikan sebagai tanda sayang.

3. Ciuman Terlama
Rekor ciuman terlama dipecahkan oleh dua pasangan warga Amerika, Rich Langley dan Louisa Almedovar. Berapa lama mereka berciuman? 30 jam lebih 59 menit, sudah dipotong waktu saat mereka makan dan pergi ke toilet. Keduanya pun tercatat di Guinnes Book of Record sebagai pasangan dengan ciuman paling lama di dunia.

4. Serong ke Kanan
Rata-rata orang menyerongkan kepalanya ke arah yang sama ketika berciuman. Sekitar 2/3 atau 66 persen orang akan memiringkan kepala mereka ke kanan ketika berciuman. Kecenderungan ini dipercaya telah terbentuk ketika manusia masih berada dalam kandungan. Rata-rata kepala bayi miring ke kanan saat berada di perut ibunya. 

5. Memperpanjang Usia
Sebuah penelitian mengklaim bahwa pria yang mencium istrinya setiap pagi sebelum berangkat kerja, harapan hidupnya lebih panjang hingga lima tahun ketimbang yang tidak. Belum diketahui secara pasti kenapa kecenderungan ini bisa terjadi. Namun ciuman memang bisa membantu meningkatkan kesehatan mulai dari menguatkan jantung hingga meningkatkan hormon bahagia yang mengurangi kadar stres. 

6. Ciuman Seperti Olahraga
Ketika berciuman, jantung akan berdegup lebih kencang, napas menjadi lebih dalam dan tidak teratur. Ini merupakan reaksi tubuh yang sama ketika seseorang berolahraga. Jika dilakukan dengan benar, berciuman bisa menjadi bentuk latihan kardiovaskular ringan. Di saat yang sama, berciuman juga bisa menenangkan otot-otot yang tegang. Satu menit berciuman bisa membakar hingga 26 kalori, sementara ciuman yang intim dan panjang bisa meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar gula lebih cepat dari biasanya

7. Menggunakan Otot
Saat berciuman, orang menggunakan otot yang disebut orbicularis oris. Otot yang berada di bagian wajah ini bergerak ketika Anda memajukan mulut saat berciuman. Kecupan kecil di bibir hanya menggunakan dua otot di sekitar bibir. Sementara ciuman yang mendalam dan sensual (french kiss) memerlukan otot-otot di seluruh wajah yang jumlahnya mencapai 34. Wow!

8. Larangan Berciuman
Di beberapa daerah, berciuman dianggap sebagai tindakan ilegal. Bahkan di Hartfrod, Connecticut, suami yang mencium istri di hari Minggu adalah sebuah tindakan kriminal. Sementara di Cedar, Iowa, mencium orang asing yang dianggap sebagai kriminalitas dan bisa dituntut hukuman penjara. Sementara pada abad 16, Kota Naples di Italia memberlakukan hukuman mati bagi pasangan yang berciuman di depan umum. Hingga kini belum diketahui latar belakang dibuatnya larangan tersebut.

9. Sensitif
Otak memiliki syaraf-syaraf spesial yang memungkinkan manusia berciuman dalam gelap. Meskipun keadaannya gelap gulita, pasangan tetap bisa menemukan bibir kekasihnya masing-masing dan berciuman.

10. Ciuman Vs Bakteri
Studi di Belanda mengungkapkan bahwa satu ciuman selama 10 detik bisa memindahkan 80 juta bakteri antar pasangan. Namun jangan terburu berpikir negatif karena pertukaran bakteri tersebut tidak sepenuhnya berdampak buruk. Seperti dilansir Being Girl, di dalam saliva terdapat senyawa kimia yang bersifat anti-bakteri yang membunuh sebagian besar bakteri (terutama yang jahat) sebelum kuman disalurkan ketika berciuman.

0 komentar:

Posting Komentar